Pendahuluan
E-Business (Electronic Business) dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer.Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet.
E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel.
E-bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggansecara lebih baik.
E-bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggansecara lebih baik.
Sebagai bagian dari e-bisnis, e-dagang lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-dagang mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan.
Sementara itu,e-bisnisberkaitansecara menyeluruh dengan proses bisnistermasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis.
E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.
Definisi E-Business
- Menurut Lou Gerstner :
- Menurut Mohan Sawhney :
Penggunaan jaringan elektronik dan teknologi yang terkait untuk memungkinkan, meningkatkan, meningkatkan, mengubah, atau menciptakan proses bisnis atau sistem bisnis untuk menciptakan nilai unggul untuk saat ini atau pelanggan yang potensial.
Definisi E-Commerce
- Menurut Turban dkk :
- Menurut Loudon :
Hubungan E-Business dengan E-Commerce
- Perdagangan elektronik atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,pelayanan nasabah, sumber daya manusia, lowongan pekerjaan dll.
- Selain teknologi jaringan www, e-business juga memerlukan teknologi basisdata (database), surat elektronik (e-mail) dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang dan alat pembayaran untuk e-commerce ini.
Perbedaan antara E-Business dengan E-Commerce
- Menurut Turban, e-business atau bisnis elektronik merujuk pada definisi e-commerce yang lebih luas, tidak hanya pembelian dan penjualan barang serta jasa. Tetapi juga pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, e-learning, dan transaksi elektronik dalam perusahaan.
- E-businesslebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
- E-commercehanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjualbarang dan jasa melalui internet.
- E-commercepada prinsipnya sangat dipengaruhi dengan transaksi keuangan sedangkan dalam e-business, transaksi keuangan bukan menjadi yang utama.
- E-businessmelibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, pengelolaan sumber daya manuasia dan lain sebagainya dengan melibatkan sistem terintegrasi.
Dimensi Ruang Lingkup E-Bisnis.
Dimensi Ruang Lingkup E-Business |
- Secara prinsip e-Business jauh lebih luas dibandingkan dengan e-Commerce; bahkan secara filosofis, e-Commercemerupakan bagian dari eBusiness.
- e-Commercehanya memfokuskan diri pada aktivitas atau mekanisme transaksiyang dilakukan secara elektronik/digital.
- e-Businessmemiliki wilayah yang jauh lebih luas, termasuk di dalamnya aktivitas relasiantara dua entiti perusahaan,interaksi antara perusahaan dengan pelanggannya, kolaborasiantara perusahaan dengan para mitra bisnisnya, pertukaran informasiantara perusahaandenganpara pesaingusahanya,dan lain sebagainya.
- Seperti yang tersirat dalam definisinya, semua pihak (siapa saja) atau entiti yang melakukan interaksi dalam sebuah sistem bisnis atau serangkaian proses bisnis (business process) merupakanpihak-pihakyangberkepentingan dalam ruang lingkup e-Business.
- Paling tidak ada tujuh klasifikasi entiti yang kerap dipergunakan dalam mengilustrasikan e-Business.
- Yaitu: Agent, Business, Consumer, Device, Employee,Family, dan Government.
- Jawabannya sangat singkat dan mudah, yaitu dimana saja, sejauh pihak yang berkepentingan memiliki fasilitas elektronik/digital sebagai kanal akses (access channel).
- Berbeda dengan bisnis konvensional dimana transaksi biasa dilakukan secarafisik di sekitar perusahaan yang bersangkutan, maka di dalam e-Business, interaksi dapat dilakukanmelalui berbagai kanal akses.
- LEBIH UNTUNG :
Penerapan konsep eBusiness secara efektif tidak saja menguntungkan perusahaan karena banyaknya komponen biaya tinggi yang dapat dihemat (cost cutting), tetapi justru memberikan kesempatan perusahaan untukmeningkatkan level pendapatannya (revenue generation) secara langsung maupun tidak langsung. - LEBIH BERPELUANG :
Dengan menerapkan konsep jejaring (internetworking), sebuah perusahaan berskala kecil dan menengah dapat dengan mudah bekerja sama dengan perusahaan raksasa untuk menawarkan berbagai produk dan jasa kepada pelanggan. Dan tidak jarang pula terdapat sebuah perusahaan berskala kecilyang pendapatannya dapat meningkat karena strategi efektif mereka dalammenerapkan eBusiness.
Awal Perkembangan E-Business
- Pada tahun 1970-an
- Aplikasi E-Bisnis pertama kali dikembangkan dan digunakan sebagai transaksi pembayaran melalui internet yang disebut dengan Electronic Fund Transfer (EFT).
- Pada tahun 1970-an
- Aplikasi E-Bisnis pertama kali dikembangkan dan digunakan sebagai transaksi pembayaran melalui internet yang disebut dengan Electronic Fund Transfer (EFT).
- Pada tahun 1990
- Dimana teknologi World Wide Web (WWW), semakin maju karena tidak hanya menampilkan data saja melainkan sudah mampu menampilkan data gambar, suara, animasi bahkan video.
- Pada tahun 2000-an
- Perkembangan E-Bisnis, semakin pesat dimana banyak perusahaan-perusahaan di Amerika, Eropa, Asia bahkanIndonesia telah beralih dalam konsep memasarkan produk-produknya melalui Internet.
Evolusi E-Bisnis
Menurut Loudon (2010:35), ada tiga fase perkembangan dalam dunia E-Bisnis, yaitu :- Fase Inovasi (1995-2000)
- Fase Konsolidasi (2001-2006)
- Fase Re-Invensi (2006-Sekarang)
Fase Inovasi memiliki beberapa ciri diantara sebagai berikut : E-Bisnis dijalankan berdasarkan pada perkembangan teknologi(technology driven), seperti perkembangan internet, komunikasi dan pertukaran data dan lain sebagainya. Umumnya produk-produk yang dipasarkan pada masa ini adalah produk-produk eceran, seperti yang dilakukan olehAmazon, seperti: Menjual Buku, cd film sampai musik mp3.
www.amozon.com |
www.ebay.com |
Pada fase ini E-Bisnis dijalankan berdasarkan pada aspekbisnis (bussines driven). Pada Fase ini E-Bisnis tidak hanya lagi hanya sebatas inovasi teknologi yang mendukungnya, tetapi dijalankan pada perencanaan bisnis, sehingga strategi yang dilakukan ialah perpaduan antara strategi bisnis konvensional dan teknologi online. Jadi Fase ini sangat berfokus terhadap Laba. Umumnya produk yang dijual meliputi produk dengan ecerantinggi dan kompleks, seperti;Komputer, Handphone, dan barang elektonik lainnya.
www.bhinneka.com |
www.jualan-komputer.com |
Pada fase ini E-Bisnis dijalankan dengan didasarkan pada pelanggan, audiens dan komunitas organisasi bisnis (customer, audience and community driven). Dengan demikian para organisasi bisnis mulai memberikan perhatian kepada siapa sebenarnya pelanggan mereka. Jadi Fase ini tidak hanya semata-mata mengejar target penjualan atau laba tetapi juga memperhatikan faktor-faktor yang berkaitan dengan pelanggan dan target pasar mereka (pertumbuhan jaringan sosial). Pada umumnya bisnis lebih berfokus pada jasa dibanding produk fisik.
olx.co.id |
www.tokopedia.com |
www.kaskus.co.id |
M-Bisnis
M-Business bisa dianggap sebagai bagian dari e-Business di mana informasi tersedia independen waktu dan lokasi dimanapun kita berada.- Awal Perkembangan m-Bisnis
- Menurut Magic, 2000
- M-Bisnis adalah perluasan daritradisional e-bisnis ke perangkat lunak nirkabel.Misalnya : handphone,notebook,ipad, maupun PDA.
- Sedangkan menurut Kolakata dan Robinson, 2002
- Definisim-Bisnis yaitu sebagai aplikasi yang di butuhkan untuk mengelola segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis, penyajian informasi, jasa, dan komoditi-komoditi dengan menggunakan peralatan mobile.
- Layanan dengan Model m-Bisnis
Model M-business |
Las Vegas Casinos - Mapyro
BalasHapusFind your way around the casino, 정읍 출장안마 find where 김포 출장마사지 everything is located 대전광역 출장샵 with 천안 출장안마 the map, and what 춘천 출장샵 all the casino operators are looking for. No matter where you are,